• FYI

    Kemampuan Dasar Perjalanan Alam Terbuka


    Persiapan dan perencanaan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu kegiatan alam terbuka. Ada empat kemampuan dasar yang harus dimiliki sebelum melakukan kegiatan perjalanan alam terbuka yaitu:

    1. Kemampuan Fisik
    Kemampuan Fisik merupakan kemampuan dasar perjalanan yang sangat perlu diperhatikan. Tanpa dukungan kekuatan fisik, keberhasilan perjalanan sangat mustahil untuk dicapai.

    2. Kemampuan Teknis
    Kemampuan teknis yang efektif dan efisien berupa bekal yang cukup (bukan hanya bahan makanan) yang berkaitan dengan suatu perjalanan alam terbuka yang akan kita lakukan. Dengan persiapan teknis yang baik, akan menunjang perjalanan baik secara fisik maupun mental.

    3. Kemampuan Kemanusiaan
    Kemampuan Kemanusiaan adalah kemampuan untuk memimpin dan dipimpin, sabar, menjaga
    konsentrasi dan bersikap positif. Unsur ini sangat penting untuk dijaga dan dijalankan dengan konsisten karena kemampuan ini akan meningkatkan rasa percaya diri kita di lapangan.

    4. Kemampuan Dalam Pemahaman Lingkungan
    Sebelum melakukan perjalanan, kita harus betul-betul mengetahui kondisi lingkungan yang akan kita lalui sebagai langkah preventif terhadap bahaya yang akan datang dari lingkungan tersebut, terlebih lagi lingkungan yang baru dan asing bagi kita.

    Seri Persiapan Perjalanan Alam Terbuka ini dirangkum oleh Emir(bersambung)

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita