• FYI

    WWF Berhasil Merekam Lima Harimau Langka

    JAKARTA, (PRLM).- Lima dari tujuh spesies harimau langka tertangkap kamera di hutan Bukit Tigapuluh, kawasan yang mengalami kerusakan cepat di Sumatra, kata organisasi lingkungan WWF Indonesia.

    WWF Indonesia menyatakan lima dari tujuh spesies harimau langka itu tertangkap dalam survei yang dilakukan baru-baru ini. Organisasi ini mendesak pemerintah dan perusahaan-perusahaan kayu untuk mengambil tindakan menyelamatkan kawasan tersebut.

    Spesies yang tertangkap kamera itu adalah harimau Sumatra, macan dahan, kucing emas, kucing batu, dan kucing congkok. "Empat spesies ini dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan termasuk dalam daftar hewan yang terancam punah," kata Karmila Parakkasi, Koordinator Tim Penelitian Harimau, WWF Indonesia.

    "Temuan ini menunjukkan keanekaragaman hayati kawasan Bukit Tigapuluh dan koridor hutan di sekeliling. Foto-foto ini mengingatkan kita seberapa banyak yang bisa hilang bila kawasan hutan yang rentan ini punah karena industri kayu, perkebunan, dan penebangan liar," tambahnya.

    Selama survei koridor hutan tahun ini, kamara WWF menghasilkan 404 foto harimau liar termasuk 226 harimau Sumatra, 77 macan dahan, 70 kucing emas, empat kucing batu, dan 27 macan dahan.

    Bulan Mei lalu, WWF Indonesia meluncurkan video tiga harimau kecil yang tengah bermain mengejar daun. "Sebagian besar hutan alam ini terancam pembukaan lahan untuk industri perkayuan dan kertas, serta pembukaan lahan secara liar untuk perkebunan sawit," kata Aditya Bayunanda, Koordinator Jaringan Hutan WWF Indonesia.

    "Bukti yang kami temukan terkait lima spesies harimau ini menunjukkan izin konsesi sejumlah perusahaan yang beroperasi di kawasan ini termasuk Barito Pacific, harus ditinjau ulang dan disesuaikan dengan peraturan Kementrian Kehutanan," kata Aditya.

    "Peraturan Kementerian Kehutanan P3 2008 termasuk melindungi kawasan yang merupakan habitat spesies yang dilindungi," tambahnya.

    Berdasarkan survei WWF tahun ini, habitat harimau di Sumatra terdapat di Bukit Tigapuluh, Tesso Nilo, dan juga koridor hutan antara Rimbang Baling dan Bukit Tigapuluh.(bbc/A-147)***

    sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/165928

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita