• FYI

    Pria Ini Sukses Panjat Tebing Setinggi 495 Meter dengan Kursi Roda

    Jakarta - Tanggal 9 Desember 2011 silam menjadi hari yang bersejarah bagi Lai Chi-wai. Ia mengalami sebuah kecelakaan hebat saat berkendara dengan sepeda motor. Ironisnya, insiden ini membuat kedua kaki Lai lumpuh total.

    Pria asal Hong Kong itu pun merasa karirnya sebagai pemanjat tebing usai sudah. "Bangun-bangun, saya sudah di rumah sakit dan selesai dioperasi. Staf lalu mengatakan saya lumpuh total dan harus berada di kursi roda selamanya," kisahnya.

    Padahal sebelum kecelakaan, Lai adalah pemegang juara Asian Rock Climbing Championship sebanyak empat kali. Lai pun tak rela bila kondisinya itu menghalangi passion yang dimilikinya selama ini.

    Setelah dinyatakan pulih, Lai mencoba olahraga baru yang disebut 'wheelchair boxing'. Olahraga ini diklaim Lai telah meningkatkan fokus dan kebugaran fisiknya yang lumpuh, termasuk menambah kepercayaan dirinya.

    Foto: Facebook/Chiwai Lai

    Namun ketika putra Lai lahir, hal itu menginspirasi pria berusia 33 tahun tersebut untuk mengejar mimpinya kembali. Di depan teman-temannya, Lai memaparkan rencananya untuk memanjat tebing vertikal terkemuka di Hong Kong yang bernama Lion Rock sekali lagi. Hanya saja kali ini ia akan memakai kursi roda.

    Rencana ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan teman-temannya karena belum pernah dilakukan sebelumnya. Meski demikian, mereka yakin jika ada orang yang bisa mendaki gunung setinggi 495 meter dengan memakai kursi roda, maka orang itu adalah Lai.

    Rencana ini akhirnya terlaksana pada tanggal 9 Desember lalu, atau tepat lima tahun pasca kecelakaan yang merenggut kakinya. Ia pun menjadi penyandang paraplegia pertama yang bisa mencapai puncak Lion Rock. Demikian seperti dilaporkan The Daily Star.

    Hanya bermodalkan kekuatan tubuh bagian atas, Lai mencoba memanjat gunung dengan tebing vertikal ini (Foto: Facebook/Chiwai Lai)

    Dengan seutas tali, Lai berusaha mendaki gunung dengan tebing yang vertikal tersebut, sedangkan teman-temannya telah terlebih dahulu naik dan berada di puncak gunung untuk memastikan Lai dapat menyelesaikan misinya.

    "Saya telah memenuhi janji saya dan kini saya sekali lagi berada di puncak gunung," tulis Lai di Facebook-nya. Berkat kegigihannya tersebut, ia pun kini dijuluki 'King of Lion'.


    Dokumentasi pendakian Lai di akun media sosialnya pun menjadi viral. Ribuan netizen Hong Kong memberinya selamat dan banyak di antaranya yang terharu sekaligus termotivasi dengan kisahnya.

    Sumber: detik.com

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita