• FYI

    Kabar Malam dari Kuningan

    Selamat malam, sahabat UKL....


    Sebagaimana sebagian besar kita, para anggota Tim UKL Tanggap Bencana malam ini juga sudah bersiap untuk istirahat. Letih seharian ini menggumpal menjadi do'a, semoga semua kerja memberi makna.

    Alhamdulillah, Tim hari ini berhasil mendata ternak yang terdampak bencana dan besok insya Allah akan mengadakan evakuasi. Titik evakuasi dan jalurnya sudah dipetakan pula.


    Tim mendapatkan sambutan dan bantuan dari masyarakat berupa rumah untuk menginap malam ini di wilayah Desa Cipakem, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan. Alhamdulillah, respon masyarakat sangat positif. Beberapa warga malah langsung meminta ternaknya diperiksa.


    Tim memang berfokus pada animal rescue, manakala semua perhatian relawan dan institusi tertuju pada keselamatan manusia. Hal ini semata-mata berbagi tugas saja, dengan tetap berlandaskan pada pertimbangan kemanusiaan. Bagi peternak, ternak adalah bagian hidupnya yang tak terpisahkan.


    Rencana kegiatan Tim UKL Tanggap Bencana Ekologis adalah:
    1. Membantu evakuasi ternak dari daerah longsor ke tempat yang lebih aman
    2. Merelokasi hewan ternak dengan membuat kandang-kandang darurat, rencana dikumpulkan di beberapa titik lahan yang disediakan oleh pihak desa.
    3. Memberikan layanan kesehatan hewan..
    4. Untuk hari Senin ada beberapa anggota yang akan ikut program pelayanan kesehatan hewan terpadu di Kecamatan Cibingbin (daerah bencana banjir) bersama dinas peternakan provinsi dan kabupaten..

    Terima kasih atas semua dukungan sahabat semua. UKL Tanggap Bencana tidaklah mungkin terselenggara tanpa keterlibatan semua pihak yang peduli dan dengan tulus mengulurkan bantuan.

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita