• FYI

    Lantap Sosped UKL Nan Mantap di Cileles

    23 April 2016 adalah hari pertama kegiatan Sosped (Sosialisasi Pedesaan) yang diadakan oleh UKL (Unit Kenal Lingkungan). Kelompok saya adalah kelompok 1, yang beranggotakan Tomi Sugiarto dan Aldi Yusuf Setiadi. Kami melaksanakan sosped di peternakan Pak Dede RT 01/RW 04, Cinanggang, Desa Cileles.

    Hari dimulai dengan melakukan perjalanan ke tempat Pak Dede, biarpun sedikit nyasar kami tetap bersemangat memulai hari. Dilakukan dengan berjalan kaki, kami berjalan sambal menggerutu dan merutuk karena ada kesalahan alamat.

    Peternakan Pak Dede adalah peternakan sapi perah. Beliau memasok susu sapi ke KSPTP. Hal pertama yang kami lakukan ketika sampai adalah bekenalan, menjelaskan tujuan dan mengagumi peternakan Pak Dede karena cukup luas. Membersihkan kandang adalah pekerjaan pertama yang dilakukan oleh kami. Kami tidak hanya membersihkan kandang, tetapi juga memerah susu dan memberi makan sapi-sapi yang ada di sana.

    Kandang Domba adalah tujuan berikutnya, Disana kami mengobrol dengan peternak tentang kesulitan-kesulitan peternak khususnya di daerah Desa Cileles. Ketika waktu telah menunjukan pukul 12.00 kami beranjak menuju masjid yang berada di dekat kandang domba. Waktu makan siang merupakan waktu yang menyenangkan, karena kami mendapatkan makan siang dari Pak Dede. Dengan lauk yang nikmat, kami makan siang dengan penuh syukur.

    Ngarit adalah kegiatan yang tidak kalah menyenangkan. Kami mengarit di samping kandang sapi, dalam sehari dibutuhkan ± 40 kg untuk satu sapi. Dapat dibayangkan kami ngarit berapa banyak. Selepas ngarit, kami dapat beristirahat mengisi waktu siang hari.

    Sore hari merupakan waktu membereskan kandang. Kandang sapi dibersihkan dua kali sehari agar sapi merasa nyaman dan bersih. Di sore hari pula, susu sapi diperah kembali. Susu yang telah diperah, dijual ke KSPTP. Kegiatan hari sabtu di tutup dengan mengantarkan susu ke KSPTP.

    Kegiatan di hari berikutnya relative tidak ada perbedaan. Hanya saja hari minggu adalah hari terakhir kami berada di sana. Ketika malam telah turun, kami berpamitan kepada beliau dan mengucapkan terimakasih atas bimbingannya selama dua hari kemarin. Beliau membekali kami pulang dengan banyak telur ayam dan senyum bahagia.

    UKL-XXIX-AM-006

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita