• FYI

    Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perjalanan Alam Terbuka


    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan perjalanan alam terbuka misalnya:

    1. Tujuan perjalanan, tujuan melakukan perjalanan atau kegiatan tentu saja sangat berkaitan dengan perlengkapan yang harus dibawa, baik itu jenis perlengkapannya jumlah sampai beratnya.

    2. Informasi daerah tujuan, kita harus mengetahui betul situasi dan kondisi daerah yang akan kita datangi, sebab biasanya ini disesuaikan dengan perlengkapan yang akan kita dawa nantinya. Selain itu, kita dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat perjalanan kita, misalnya daerah yang akan kita datangi adalah daerah yang tidak terdapat banyak air, maka dengan adanya informasi daerah tujuan dari awal kita dapat mengantisipasi masalah tersebut dengan membawa perlengkapan untuk mengambil air yang cukup.

    3. Lama waktu, mengetahui lama waktu perjalanan penting sebab akan disesuaikan dengan jumlah perbekalan yang akan kita bawa, namun demikian kita harus membawa perbekalan ekstra (survival kit) untuk mengantisipasi hal-hal yang tidk kita inginkan, misalnya waktu perjalanan menjadi lebih lama karena bencana alam.

    4. Mengetahui keterbatasan untuk membawa, ini berkaitan dengan kondisi tubuh kita sendiri. Patokan untuk mengetahui keterbatasan yaitu dangan memakai rumusan sepertiga (1/3) dari berat badan namun hal ini dapat berubah tergantung kondisi dan kekuatan fisik kita masing-masing. (bersambung)

    Seri Persiapan Perjalanan Alam Terbuka ini dirangkum oleh Emir

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita