• FYI

    Prinsip Dasar Packing Untuk Perjalanan Alam Bebas


    Pengepakan barang (packing) merupakan salah satu faktor yanng sangat berpengaruh terhadap kenyamanan selama melakukan perjalanan di alam bebas. Menyusun perlengkapan bukanlah pekerjaan yang mudah dan sembarangan. Terkadang carrier/backpack yang kita bawa terasa tidak nyaman dan sangat berat. Hal itu disebabkan oleh kesalahan dalam menyusun perlengkapan kedalam carrier/backpack.

    Beberapa prinsip dasar paking secara singkat adalah sebagai berikut:

    Satukan perlengkapan, barang-barang dan logistik sesuai jenisnya masing-masing dalam satu kantung sebelum memasukkannya ke dalam carrier/backpack. Tempatkan barang-barang yang berat pada posisi paling atas. Hal ini penting dilakukan agar berat keseluruhan beban di carrier/backpack tidak jatuh di pinggang atau di punggung. Dengan berpegang pada prinsip ini, maka fungsi carrier/backpack sebagai pembawa beban akan tercapai dengan baik.

    Meletakkan barang pada carrier/backpack bagian bawah, tengah dan atas sesuai dengan keperluannya. Tempatkan barang-barang yanng sering dipakai pada bagian atas atau kantong tambahan pada carrier/backpack agar mudah di jangkau. Sedangkan barang-barang yang penggunaannya jarang (digunakan pada saat-saat tertentu saja), letakkan pada bagian bawah.

    Gunakanlah tempat-tempat kosong yang anda bawa seefektif mungkin. Masukkanlah barang-barang, terutama pakaian tidur dan peralatan elektronik ke dalam kantung plastic atau polybag agar tidak basah. Buatlah checklist perlengkapan agar tidak ada barang yang tertinggal.

    Berapa pakaian ekstra yang dibutuhkan? Tanyakan pada diri kita pertanyaan ini: "Apa saja yang saya butuhkan untuk survive pada kondisi yang parah, apakah saya akan realistis menghadapinya?"

    Ingat, pakaian ekstra berarti sebagai tambahan terhadap pakaian dasar pendakian kita, yang meliputi seluruh pakaian termasuk kaos kaki luar dan dalam, sepatu boot, pakaian dalam, celana dan baju untuk jalan, sweather, atau jaket fleece, topi, sarung tangan atau jas hujan atau rain coat.

    Pertimbangkan juga pakaian dalam baju yang berlengan panjang, balaclava, headaband yang berfungsi sebagai penutup kuping. Meskipun merupakan tambahan terhadap berat akan tetapi sebanding dengan faktor kehangatannya.

    (bersambung)

    Seri Persiapan Perjalanan Alam Terbuka ini dirangkum oleh Emir

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita