• FYI

    Bagaimana sih Perasaanmu, Melihat Pantai yang Indah di Bali jadi Penuh Sampah Seperti Ini?

    Foto-foto yang dirilis Detik Travel sungguh sepantasnya mengusik perasaan para pencinta alam dan pegiat di bidang kelestarian lingkungan hidup. Kumpulan foto tersebut hasil bidikan Sonny Tumbelaka/AFP. Semoga menggugah kesadaran masyarakat. Berikut ini, selengkapnya:

    Foto: Wajah Bali yang Penuh Sampah

    Nama Bali begitu terkenal dengan pantai-pantai cantiknya. Disebut-sebut sebagai surga, kini Bali malah terlihat menyedihkan karena penuh sampah.


    Pantai Kuta begitu terkenal dengan deburan ombak yang menantang para peselancar. Banyak turis mancanegara yang datang ke Bali hanya untuk berselancar.


    Namun perlahan, garis pantai emasnya hilang karean tertutup sampah. Sedotan plastik, makanan kemasan bertebaran di antara pasir. Sementara, para turis yang ingin menikmati pantai jadi telihat tidak nyaman.


    Masalah sampah plastik telah menyebatkan masalah selama bertahun-tahun. Dampaknya pun parah, mulai dari menyumbat saluran air di kota, meningkatkan resiko banjir, dan melukai atau membunuh hewan laut yang tertelan sampah plastik atau bahkan terjebak.


    Bukan hanya Kuta, Seminyak dan Jimbaran pun ikut ternoda dengan adanya sampah plastik. Garis pantai sepanjang 6 km itu kini terlihat menyedihkan.


    Saat ini Bali mengerahkan 700 pembersih dan 35 truk untuk membuang sekitar 100 ton puing sampah plastik setiap hari ke tempat pembuangan sampah di dekatnya.


    Gunung sampah ini makin parah ketika musim hujan datang. Banyak turis yang mengaku terganggu dengan adanya sampah yang menggunung di Pantai Kuta.


    Terlihat bahwa alat berat pun diturunkan untuk mengangkut sampah-sampah plastik dari pantai. Pantai cantik Kuta seketika berubah jadi tumpukan sampah plastik.

    Bagaimana perasaanmu melihat kenyataan di atas?

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita