• FYI

    Sensasi Keseruan Canyoning di Curug Panganten


    Kegiatan simulasi rappelling di air terjun (canyoning) di Curug Panganten, Cimahi, dilaksanakan pada tahun 2003. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai simulasi penerapan standar teknis pemasangan peralatan untuk kegiatan di ketinggian mengikuti standar internasional, juga simulasi fasilitasi untuk anggota.


    Dadi Imam Jahidi bertindak sebagai instruktur pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam ini. Hari pertama merupakan tahap prepare, sesangkan praktek dilakukan pada hari kedua. Peserta yang hadir terdiri dari: Encep Hikmans, Ardenea Egretta, Burhanuddin 'Bubuy', Frantz Isdiyanto, Riki 'Bagonk', Siel Marlee, Dedi Suhendi, Adhi Pram (Blue Hikers - Sastra), Yedi Kusmayadi, Dedi Fadjar dan senior UKL, Philsopa Djajadiredja.


    Sekilas tentang canyoning, mengutip catatan isroadi, adalah aktifitas yang berbasis pada penelusuran sungai, ngarai, dan air terjun serta menyatukan beberapa variasi teknik seperti scrambling, rappelling, abseiling, river-hiking, cliff jumping, dan swimming.



    Canyoning, masih menurut sumber yang sama, diawali dari Perancis dan negara-negara Eropa lalu berkembang ke Amerika dan seluruh dunia. Awalnya, canyoning lebih ditujukan untuk penelitian hidrologi, meteorologi, dan penelitian lain. (yzk***)

    No comments:

    Post a Comment

    Diklatsar

    Inspirasi

    Antara Kita